KEBIJAKAN ANTI FRAUD PT BANK GANESHA TBK
1. ANTI FRAUD CHARTER
Dalam rangka mencegah terjadinya kasus Fraud pada PT Bank Ganesha, Tbk serta implikasinya yang dapat merugikan nasabah dan/atau PT Bank Ganesha, Tbk maka PT Bank Ganesha, Tbk melakukan peningkatan efektifitas pengendalian intern, sebagai upaya meminimalkan risiko Fraud dengan cara menerapkan Strategi Anti Fraud dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta nilai-nilai etika (code of conduct) yang berlaku secara umum pada industri perbankan.
Strategi Anti Fraud merupakan wujud komitmen manajemen PT Bank Ganesha, Tbk dalam mengendalikan Fraud yang diterapkan dalam bentuk sistem pengendalian Fraud. Strategi ini menuntut manajemen untuk mengarahkan sumber daya agar melakukan pengendalian Fraud melalui upaya-upaya yang tidak hanya ditujukan untuk pencegahan namun juga untuk mendeteksi dan melakukan investigasi serta memperbaiki sistem sebagai bagian dari strategi yang bersifat integral dalam mengendalikan Fraud.
Sebagai wujud pernyataan sikap Manajemen terhadap penerapan Strategi Anti fraud, maka pada tanggal 14 Mei 2012 telah ditandatangani pedoman intern Penerapan Strategi Anti Fraud oleh Direksi dan Komisaris dengan Nomor MNJ/003-SAF yang merupakan Anti Fraud Charter PT Bank Ganesha Tbk dan terakhir telah dikinikan pada tanggal 30 November 2021.
2. PAKTA INTEGRITAS (DEKLARASI PERNYATAAN ANTI FRAUD)
Sebagai bagian dari penerapan GCG, maka kepatuhan terhadap etika bisnis menjadi salah satu fokus manajemen. Etika bisnis atau etika korporasi merupakan penjabaran nilai-nilai profesi dan perilaku organisasi dalam melaksanakan kegiatannya sehingga menjadi panduan bagi organisasi dan semua anggotanya.
Dalam rangka mengembangkan budaya dan kepedulian anti Fraud di seluruh jenjang organisasi dan sebagai bentuk pernyataan anti terhadap Fraud, maka seluruh Pengurus dan Karyawan PT Bank Ganesha, Tbk telah menandatangani Deklarasi Pernyataan Anti Fraud (Anti Fraud Statement) yang dimuat dalam Kode Etik (code of conduct) dan diperbaharui secara berkala, namun tidak terbatas pada pernyataan sebagai berikut:
3. CUSTOMER AWARENESS
PT Bank Ganesha, Tbk menyampaikan apresiasi kepada seluruh nasabah yang bersedia turut berperan serta dalam pencegahan tindak fraud serta menyampaikan himbauan kepada para nasabah agar senantiasa menjalankan aktivitas transaksi dengan hati-hati di antaranya:
Melalui penerapan Strategi Anti Fraud sebagaimana dijelaskan di atas, PT Bank Ganesha Tbk berkomitmen penuh untuk menjaga kepercayaan nasabah agar terhindar dari sasaran tindak fraud dan bank tidak segan untuk menindak tegas pelaku fraud sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.