23 Mei 2024

Mekanisme Layanan Pengaduan Konsumen

PROSEDUR SINGKAT PENGADUAN BANK GANESHA

prosedur-pengaduan-bank-ganesha


LAPS SJK (LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA SEKTOR JASA KEUANGAN)

Logo-LAPS-SJK

Apa itu LAPS SJK dan kewenangannya?
LAPS SJK adalah lembaga penyelesaian sengketa di luar pengadilan yang didirikan pada tanggal 22 September 2020 oleh Self Regulatory Organizations (SROs) dan asosiasi-asosiasi di lingkungan sektor jasa keuangan. Dalam menjalankan kegiatannya, LAPS SJK memperoleh ijin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 29 Desember 2020, dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2021. Sebagai satu-satunya Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) di sektor jasa keuangan yang memperoleh ijin operasional dari OJK, maka LAPS SJK menggantikan peran dan fungsi 6 LAPS yang ada sebelumnya di sektor jasa keuangan (yaitu BAPMI, BMAI, BMDP, LAPSPI, BAMPPI dan BMPPVI) dan sekaligus memperluas cakupannya pada penyelesaian sengketa di bidang Fintech.

Langkah Pengaduan Ke LAPS SJK Apabila Memiliki Permasalahan Dengan Produk Jasa Keuangan

Penyelesaian sengketa di luar Jakarta

Biaya Penyelesaian Sengketa di LAPS