22 Desember 2024

Detail Berita

Laba Bersih FY16 Bank Ganesha Naik 619%

2017-03-31 18:05:36

JAKARTA - PT Bank Ganesha Tbk ("Bank Ganesha" atau "Bank") mengumumkan laba bersih setelah pajak (diaudit) sebesar Rp. 39,2 miliar untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2016, meningkat kuat sebesar 619% year-on-year (yoy) dibandingkan Rp. 5,5 miliar pada periode yang sama pada tahun 2015. Laba bersih sebelum pajak mencapai Rp. 52,6 miliar.

Total pendapatan operasional Bank Ganesha mencapai Rp. 180,0 miliar selama periode dimaksud, naik 58% yoy dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp. 113,7 miliar, didorong oleh pertumbuhan yang kuat dalam Pendapatan Bunga Bersih. Pendapatan Bunga Bersih tumbuh 68% yoy menjadi Rp. 160,9 miliar, sementara pendapatan berbasis biaya naik 5% yoy menjadi Rp. 19,1 miliar didorong peningkatan kinerja dalam pendapatan biaya, komisi dan bisnis treasury.

Bank Ganesha terus mempertahankan kontrol yang kuat pada biaya operasional sementara terus menciptakan ruang untuk investasi berkelanjutan dalam bisnisnya. Sepanjang tahun 2016, fokus utama investasi ditujukan untuk pembangunan di produk dan jasa, peremajaan program pemasaran dan branding, relokasi kantor pusat, renovasi jaringan kantor cabang, perbaikan kapabilitas Teknologi Informasi dan kualitas layanan nasabah; sehingga biaya operasional menjadi Rp. 107,8 miliar, meningkat hanya 14% dari periode yang sama tahun 2015 dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 58%. Oleh karena itu, rasio efisiensi BOPO membaik dari 97,5% di 2015 ke 82,4% pada 2016.

Struktur permodalan Bank tumbuh kuat, setelah selesainya proses Penawaran Umum Perdana saham (IPO) pada semester pertama tahun 2016; sehingga Capital Adequacy Ratio Bank mencapai 34,9% pada tahun 2016, meningkat pesat sebanyak 20,5% dibandingkan 14,4% setahun lalu. Perbaikan permodalan ini juga mendorong Bank Ganesha masuk menjadi salah satu bank terkemuka dalam kategori BUKU II dengan total ekuitas sebesar Rp. 1,068 triliun, naik 407% yoy dari Rp. 210 miliar setahun lalu. Dengan dukungan dari suntikan permodalan ini, Bank Ganesha meningkatkan kreditnya sebesar 94% yoy dari Rp. 1,252 triliun pada 2015 menjadi Rp. 2,426 triliun pada 2016. Total aset mencapai Rp. 4,236 triliun, naik 115% yoy dari Rp. 1,974 triliun pada tahun sebelumnya.

Basis pendanaan beragam dan terus tumbuh. Dana pihak ketiga naik 65% yoy ke Rp. 2,728 triliun dimana Giro dan Tabungan (CASA) mencatat kenaikan 28% yoy menjadi Rp. 711 miliar, sementara deposito berjangka tumbuh kuat 85% yoy ke Rp. 2,017 triliun pada akhir tahun 2016.

Bank juga menunjukkan perbaikan yang berkesinambungan dalam kualitas kreditnya, yang mencerminkan kepatuhannya atas prinsip-prinsip kehati-hatian perbankan. Rasio NPL Gross dan NPL-Net masing-masing membaik menjadi 1,32% dan 0,80% pada akhir 2016 dari 3,14% dan 1,80% setahun sebelumnya.

Bank Ganesha mencatat sejumlah tonggak pencapaian sepanjang tahun 2016, termasuk perbaikan branding pada produk dan jasa, inisiatif program pemasaran yang menarik, pusat layanan pelanggan 24 jam baru dan penunjukan sebagai sub-agen penjualan untuk Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Selain itu, Bank menerima pengakuan eksternal dari MURI sebagai Lembaga Perbankan yang Menyalurkan Kredit Tanpa Agunan Terbanyak secara serentak. Bank Ganesha terus mengoptimalkan jaringan kantornya untuk terus tumbuh dan melayani pelanggan yang lebih baik. Sepanjang tahun 2016, Bank merelokasi dan memperbaharui kantor-kantor cabang yang ada dan unit ATM, termasuk relokasi kantor pusat dan kantor cabang utama ke Wisma Hayam Wuruk. Per akhir tahun 2016, Bank Ganesha melayani pelanggan setianya melalui 16 kantor cabang dan 28 ATM yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Semarang dan Surabaya; dengan akses tambahan ke 68.000 unit ATM di seluruh Indonesia yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Mengomentari kinerja ini, Surjawaty Tatang, Presiden Direktur berkomentar, "Dengan senang saya menyampaikan bahwa 2016 benar-benar merupakan tahun dimana Bank Ganesha melesat maju pasca transformasi, dengan perbaikan yang dicapai di banyak lini termasuk kredit, dana pihak ketiga, kapitalisasi, branding, kapasitas organisasi dan kualitas pelayanan. Kinerja yang baik ini menggarisbawahi kekuatan model perbankan kami dan mencerminkan komitmen kami untuk terus memenuhi kebutuhan perbankan nasabah, mendukung perekonomian nasional dan menjadi 'Bank terbaik di kelasnya, dengan memberikan produk yang handal dan inovatif melalui layanan terbaik'. Kami berterima kasih kepada para pemangku kepentingan kami yang telah mendukung Bank Ganesha terutama pelanggan setia kami atas kepercayaan mereka dan berharap untuk dapat membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama".